loading...



Berita

Strategi Sanitasi Kota Langsa

By: I


Berdasarkan kondisi penanganan air limbah saat ini Kota Langsa melakukannya secara terencana dan berkelanjutan melalui strategi mengembangkan pengelolaan sistem sanitasi berbasis masyarakat, melakukan pelatihan tentang sanitasi dan hidup sehat, mengoptimalkan sarana dan prasarana pengolahan air limbah domestik skala kota, meningkatkan pengawasan lingkungan di instansi terkait, penegakan aturan pengelolaan air limbah, meningkatkan peran swasta yang bergerak di bidang pengelolaan air limbah domestik dan persampahan.
Yang sudah dilakukan untuk pengelolaan persampahan yaitu meningkatkan ketrampilan petugas pengelolaan sampah, meningkatkan pemanfaatan sampah rumah tangga untuk dibuat menjadi kompos, mendaur ulang plastik, kaca dan lainnya, melakukan pembuatan kompos di setiap sumber penghasil sampah dan menggunakannya kembali untuk pertanian. Sedangkan untuk  sektor drainase telah melaksanakan pembangunan saluran drainase baru dengan dimensi yang sesuai dengan rencana untuk ruas jalan, melakukan pelebaran dan pendalaman drainase yang sudah ada sesuai dengan debit air tertinggi dan mengintegrasikannya dengan saluran induk.

 

Selain itu, Kota Langsa pun meningkatkan koordinasi diantara Dinas Kesehatan dan BLHKP untuk melakukan sosialisasi/kampanye PHBS agar masyarakat tidak membuang sampah dan limbah rumah tangga ke saluran drainase/sungai, menyusun rencana strategi dan rencana operasional pengelolaan drainase skala kota dan melakukan pembagian tanggung jawab secara formal untuk melakukan pekerjaan antara pemerintah kota dan organisasi masyarakat.

Strategi teknis operasional dan manajemen air bersih/minum dilakukan dengan cara penambahan sambungan secara intensif, pengadaan fasilitas peralatan untuk perawatan/pemeliharaan- penggantian meter air pelanggan, mendorong dinas kehutanan dan dinas terkait untuk melakukan kegiatan konservasi dan reboisasi terutama di daerah tangkapan sumber air PDAM.

Strategi Pola Hidup Sehat antara lain dengan penerapan PHBS kepada Posyandu, UKBM dan sekolah, melakukan upaya kesehatan masyarakat dengan cara menyelenggarakan dan pemberantasan penyakit menular dan wabah.

Strategi penguatan kelembagaan sanitasi Kota Langsa disusun dengan tujuan untuk membangun dan melembagakan suatu jaringan relasi sosial yang strategis antara pemerintah, masyarakat. Sedangkan sasaran penguatan kelembagaan sanitasi Kota adalah terciptanya situasi yang kondusif untuk bekerjasama antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta dalam suatu wadah lembaga koordinasi sanitasi kota.




Top